Random Posts

Recent
recent

Resep Kue - Kue Soes / Sus Vla Durian

Kue Soes / Sus Vla Durian


Suatu hari di suatu restoran, tiba-tiba tercium bau durian. Padahal Restoran ini tidak menyediakan menu berbahan dasar durian. Karena penasaran, saya mencoba mencari tahu dari mana asal bau durian tersebut. Dan ternyata, ada tamu yang sedang merayakan ulang tahun, dan mereka menggunakan Kue Soes / Sus Vla Durian yang disusun sebagai kue ulang tahun.
Pulang dari restoran tersebut, suami saya mengatakan, "Jadi kepingin makan Kue Soes / Sus Vla Durian, beli di mana ya?", kata suami saya. Saya secara spontan menjawab, "Aku bisa kok membuatnya". 
Dan karena saya sudah berjanji mau membuatkan Kue Soes / Sus Vla Durian kepada suami saya, akhirnya saya memutuskan membeli bahan - bahan untuk membuat Kue Soes / Sus Vla Durian.

Berikut langkah-langkahnya :


Bahan Kulit Kue Soes / Sus :
150 gr tepung protein tinggi
100 ml air matang
150 ml susu cair full cream
100 gr mentega / butter
4 butir telur ukurang sedang
Sejumput garam


Bahan Vla Durian :
300 gr daging durian, lumatkan
450 ml susu cair full cream
60 gr tepung maizena / custard
80 gr gula pasir
2 butir kuning telur
2 sdm mentega / butter
1 sdt vanila
Sejumput garam


Langkah awal, kita akan membuat bahan kulit Kue Soes / Sus
1. Panaskan dengan api sedang air, susu, butter, garam. Masak hingga berbuih. Matikan api
2. Tambahkan tepung protein tinggi, aduk cepat dengan spatula kayu/silikon hingga adonan kalis. Panaskan kembali dengan api kecil sambil terus di aduk hingga adonan benar2 kalis. Angkat sisihkan. Biarkan hingga uap nya hilang
Tips : agar uapnya segera hilang, saya pindahin dan ratain adonan ke piring, baru pindahin ke wadah utk siap dikocok.
3. Panaskan oven di suhu 200 derajat selama minimal 15 menit.
4. Tambahkan telur 1 per 1 ke dalam adonan sambil di mixer kecepatan rendah, cukup sampai tercampur rata saja.
Tips : masukkan telurnya 1 per 1, jgn sekaligus ya.
6. Siapkan spuit (saya pakai spuit bintang no 1M)  Masukkan adonan  ke dalam piping bag. Spuit adonan ke atas loyang yang sudah di oles mentega / yang sudah di taruh kertas baking
Tips : saya pakai kertas baking yang warna putih susu dan bisa berkali-kali pakai. Ini saya pakai kertas baking saja biar cepet kerjaannya, tidak perlu oles-oles mentega lagi di loyang. Gak repot deh.

Proses Pembuatan Kulit Kue Soes / Sus

7. Oven di 20 menit pertama di suhu 200 derajat, lalu turunkan ke 180 derajat utk 20 menit berikutnya. Angkat dan sisihkan.
Tips : jangan pernah membuka tutup oven selama memanggang kulit soes ini. Agar tidak kempes saat keluar dari oven.

Tips Saat memanggang.
Timer Oven saya buat 60 menit supaya suhunya terjaga. Jadi tidak perlu hidup dan matikan. Saya kontrol waktunya dengan menggunakan timer seperti gambar di bawah ini :
Timer untuk membuat kue

Cara buat Filling Vla Durian
1. Larutkan (aduk rata) tepung maizena / custard dengan susu cair, tambahkan gula dan garam, aduk rata.
2. Panaskan sambil di aduk terus hingga berbuih. Matikan api.
3. Pindahkan 1/3 adonan ke dalam wadah lain, tambahkan kuning telur, aduk rata. Campur kembali ke 2/3 adonan vla. Panaskan kembali & Aduk rata.
4. Tambahkan mentega dan daging durian, aduk hingga kental dan adonan vla berbuih. Angkat dan sisihkan, tambahkan vanila. Aduk rata. Biarkan dingin untuk siap dipakai.
Tips : kalo hasil nya agak encer,  mungkin karena masih hangat vla nya, jadi saya simpan vla ke dalam kulkas dulu, supaya saat isi filling ke kulit lebih mudah di spuit dan emang lebih enak juga dingin2 . Saya suka saya suka. 
Vla Durian

Cara penyajian :
1. Masukkan vla durian ke dalam piping bag, potong kecil semi sedang saja ujung plastik piping bag.
2. Belah kue soes, tapi jangan sampai putus ya. Lalu spuit isi vla durian ke dalam kulit rongga soes.
3. Sajikan.. akan lebih enak lagi kalo dimakan dingin-dingin. 

Kue Soes / Sus siap diisi Vla Durian

Isi Vla Durian sesuai keinginan

Akhirnya, saya berhasil membuat Kue Soes / Sus Vla Durian untuk suami saya. Kata suami saya, seperti bermimpi akhirnya bisa makan Kue Soes / Sus Vla Durian buatan istri sendiri, dan karena dibuat sendiri oleh istri, maka mengisi vla durian bisa sebanyak dan sepuas mungkin hahaha.

Salam Baking

Silahkan mencoba membuatnya..

Bagi yang belum tahu, ini ada Resep Kue Brownies Mactha Biskuit yang enak banget

Untuk mengetahui ada Kue dan Masakan apa saja, bisa Follow juga di :
Instagram :  Indah Widjaja

Klik di sini bagi yang mau mencari Wisata Kuliner Batam yang Enak dan Murah 





26 comments:

  1. Andai ada videonya kak,
    mungkin otakku lebih mudeng.
    wkwkwk

    makasi kak resepnya.
    pengen recook aah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk. Moga one day bs bikin videonya mba desy. Tks ya dah mampir. 😘

      Delete
  2. Kue favorit saya nih. Rasanya pas di lidah. Apalagi ini pake vla durian. Bikin ngiler makin menjadi ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya om ahmadi. Ini bener2 enak. Lumer di mulut.. 1 gak cukup. Saya skali hap makan 3. 😅.

      Delete
  3. terimakasih untuk reseo kuenya, siapa tahu nanti pengen buat melipir kesini lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip dhe om. Pas mau buat sus nya, silakan mampir lg ke blog nya 😉

      Delete
  4. Aku udah ngiler ama kue ini sejak koh Sujanto posting fotonya di ig.. Looks yummy bangeeeet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi mba dia . Ini emang bikin ngiler. Waktu fotoin aja gak tahan pengen makanin aja. 😂 Tks ya mba dian dah mampir blog ku. 😊

      Delete
  5. Durian atau aneka makanan dari durian sampai sekarang hidung saya masih tidak kuat. Sempat demam gara-gara dipaksa makan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha. dulu banget jg gitu om prijan. Saya bukan pemakan durian. Sejak coba makan,enak jg ya.. (tp bukan nyicip yaa.. akan beda dgn dimakanin dan di cicipi 😅)

      Delete
  6. Duh aduh, enak banget ini. Kesalahan besar aku bacanya tgh malam gini, jadi pengeeenn....hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha. Bener banget mba juli. Kalo liat nya tengah malam, bs bikin galau perut. 😂 Tks dah mampir blog ku .😊

      Delete
  7. hiks ... suka banget kue soes dari zaman purbakala bahkan jauh dari revolusi dan evolusi

    ketika dimakan, ada sesuatu yang lumer masuk ke mulut

    aw

    enak nya

    mau lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Se7 om reza. Lumer ini vla duren nya. Aplg ini rasa duren om. Eunak buanget. Tks dah mampir blog ku om. 😊

      Delete
  8. Mantap! Setuju nih sama kak Desy, videonya please.. hehehehe!

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😁 utk video bakal butuh perjuangan extra nih mba yunita. Pengen sih mba.. moga one day bs terealisasi. 😊 Tks dah mampir blog ku mba

      Delete
  9. Gampang dan enak pastinya, jadi pengen bikin sendiri ah sus durian, biar puas naroh isiannya, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju. Buat sendiri puas makan nya, mba eka 😁😅

      Delete
  10. mau dong cece, duh pagi2 udah ngences ngiler liat kue sus ini

    ReplyDelete
  11. Ya ampun aku selalu bermimpi bisa bikin kue sus ini loh mom... ternyata gak begitu sulit ya. Tapi aku memang belum punya cetakan kuenya, dan ingin bikin yang rasa durian... pasti nyammi ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok mba sri. Moga bs terealisasi mimpi nya bikin sus duriannya. Tks mba sri dah mampir blog ku. 😉😊

      Delete
  12. kok lucu ya timernya itu. buat baking-baking memang butuh timer khusus ya kak. kalau pake hp bisa gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake hape bisa kog mba. Asal ada alarm nya aja. 😁 Tks lot dah mampir mba wenny

      Delete
  13. jaman kuliah aku suka banget bikin kue ini lalu dibawa ke kampus dan dimakan rame2, baru tahu kalau flanya bisa dikombine dengan durian , pasti endes bangent nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya om danan, enak kue sus. Apalagi fla duren. 😁 Tks lot dah mampir blog ku om. 🙏🏻

      Delete

Theme images by stellalevi. Powered by Blogger.