Random Posts

Recent
recent

Resep Masakan Tumis Daging Sambel Matah Spesial

Tumis Daging Sambel Matah
Resep Masakan Tumis Daging Sambel Matah yang saya buat kali ini terinspirasi dari video-video yang suka saya ikuti. Saya suka sekali melihat video-video memasak yang sering dibagikan oleh teman-teman saya di berbagai platform media sosial. dan dari berbagai video tersebut, saya menyaksikan ada salah satu video masakan yang setelah saya perhatikan dengan seksama dan dalam tempo sesingkat-singkatnya, ternyata masakannya mirip dengan masakah khas Indonesia yaitu Sambel Matah.

Yang membuat masakannya berbeda karena mereka memodifikasi masakannya dengan menambahkan Saus Tiram dan akar daun ketumbar.  
Saat saya menyaksikan video masakan di media sosial malah membuat saya ngiler sendiri dan supaya ngilernya tidak berkepanjangan maka saya memutuskan untuk membuat versi saya sendiri alias saya memodifikasi bumbunya sesuai selera saya.
Nanti di akhir tulisan ini perhatikan bagaimana cara makannya. Karena cara makan Tumis Daging Sambel Matah ini yang membikin Tumis Daging Sambel Matah ini menjadi super spesial.

Ini saya menambahkan daun bawang. Tetep enak banget rasanya.

Resep Masakan Tumis Daging Sambel Matah
Bahan Tumis Daging Sambel Matah
Bahan 1 :
500 gr daging dada ayam + babi (total -/+ 500gr), potong sesuai selera. ( Bisa diganti dagingnya menajdi semua daging ayam atau semua daging babi ). Karena suami saya bukan penggemar daging babi, jadinya saya campur dengan daging ayam.
4 siung bawang putih, geprak cincang
8 siung bawang merah, diiris-iris
10 bh cabe rawit merah, diiris-iris. (jumlahnya sesuai selera)
3 batang serai, iris-iris.
6 lbr daun jeruk (ukuran besar), diiris-iris.
1 bh jeruk nipis ( bisa 2 bh jika jeruknya kecil )
2 batang daun bawang kecil, diiris-iris.

Bahan 2 :
Secukupnya Minyak goreng utk menumis
2 sdm saos tiram
1 sdm terasi bakar
Sedikit gula
Sedikit garam

Bahan 3 :
Lalapan daun selada.

Cara memasak :
1. Panaskan minyak untuk menumis
2. Tumis bawang putih hingga harum. Masukkan daging dan masak hingga berubah warna.
3. Tambahkan terasi bakar dan saos tiram. Aduk rata. Masak hingga matang.
4. Tambahkan bawang merah, serai, cabe potong, daun jeruk, dan perasan air jeruk. Aduk rata.
5. Tambahkan irisan daun bawang. Aduk sebentar.

Cara penyajian ala saya :
Seperti yang saya singgung di atas cara memakan Tumis Daging Sambel Matah ini yang membuat masakannya ini makin mantap. Cara ini merupakan gaya makan ala orang korea hanya ini versi untuk masakan Indonesia.

Ini dia caranya :
• Siapkan daun selada, taruh nasi (saya menggunakan nasi merah) di atasnya, lalu diberi lauk Tumis Daging Sambel Matah ini, kemudian bungkus nasi dan lauknya dengan daun selada nya dan  haaappp.... langsung sekali lahap masuk semua ke mulut. Benar-benar lezat.

Cara makan Tumis Daging Sambel Matah Ala-Ala Korea
 Saat makan ini, rasanya gak kenyang-kenyang alias mau tambah terus alias enak banget dah. Apalagi dengan gaya makan saya yang juga special.
Silahkan dicoba resep masakan Tumis Daging Sambel Matah ini dijamin pasti ketagihan, plus gaya makan ala-ala korea... seru abiss..
Salam masak-masak dan makan-makan

Yang mau tahu resep kue bisa dilihat di sini ya :
Resep Kue Brownies Matcha Biskuit

Ingat untuk Follow Instagram : Indah Widjaja
Supaya terus mendapatkan update berbagai jenis masakan dan kue di sana. Dapatkan kejutan giveaway bagi followernya.


22 comments:

  1. Aku mau coba ah ce... secara kalo yang pedas pedas gitu aku deh penggemarnya... lagi pula bahan2 nya gak banyak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba sarah. Silakan di coba.. banyakin aja cabenya kalo doyan pedes. 😁 Gampang jg ini.

      Delete
  2. Wah langsung ngiler dong akunya, bumbunya juga ga ribet banget. Jadi pengen cobain deh :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yok di cobain mba amelia. Biar ngilernya gak kelamaan jg. 😀

      Delete
  3. Sambal Matah, hemmm pake daging?? Dah ngeces aja. Resepnya mudah dan ga ribet ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😀 bener mba gak ribet. Potong2 tinggal di aduk2 aja di wajan. 😁

      Delete
  4. ini gambarnya yg bikin ngiler nii....warna warni banget

    ReplyDelete
  5. Sampe skrg belum pernah masak daging karena gak pandai ngolah... Hihihi... Ternyata gak ribet ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mba puput di cobain masak ini, gampang soalnya. 😊

      Delete
  6. bahan-bahannya gak susah dicari ya ce.. bisa dicoba-cobi nih.. thanks resepnya ce

    ReplyDelete
  7. duh jadi penasaran dengan rasanya kmrn cobain sambal matah gini pake ikan asin aja enak betul apalagi daging

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener skali.. Sambal matah di padu apa aja emang enak, om danan. 😁

      Delete
  8. kok lihat resep masakan tumis daging sambel matah spesial ini
    jadi inget sesuatu yang berbau sagu ya?

    OMG ... aku belum kesana? ke tempat sagu itu

    hiks hiks hiks

    ReplyDelete
  9. Wah jadi pengen di undang maksi neh ma CeCe yang super jago masak..... Biar bisa ketularan neh.. suka deh berbagai sambal tuk makanan. Belum pernah coba sambal mentah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lom pinter mba citra. Masi belajar jg ini. Masih suka masak yg gampang2 aja. 😀

      Delete
  10. Sambal mata itu khasnya potongan serai dan daun jeruk yang banyak ya.... kayaknya diaplikasikan untuk cumi-cumi enak juga ni, secara di rumah lagi gak ada daging, adanya cumi-cumi dan ayam. BTW makasih byk mbak resepnya, jadi punya inspirasi baru untuk masak ni... semoga my crucils suka juga kalau da ak masak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake cumi2, pasti enak mba sri. Khas nya bawang merah dan cabe byk jg enak mba. 😅😅😅 Dan ini mau pake daging apa aja rasanya pasti enak. 😁

      Delete
  11. Kmrn saya liat fotonya di IG, ngileerr..hehe
    Noted kk, next time dicoba :)

    ReplyDelete

Theme images by stellalevi. Powered by Blogger.